Tuesday, January 19, 2016

(LPJ) laporan penanggungjawaban gathering UMSurabaya Kebidanan

hello goos afternon lagi, hehehehe
desy mau share lagi nih, kalau tadi proposalnya sekarang lpjnya guys, buat yang belum tau lpj itu apa, lpj itu adalah laporan pertanggungjawaban dari sebuah kegiatan yag kita selenggarakan, jadi kalo kita mau buat kegiatan tertentu maka kita harus membuat proposal, setelah kegiatan tersebut terlaksana dan terrealisasi maka kita membuat leporannya sebagai pertaggungjawaban dari sukses atau tidaknya acara yang kita selenggarakan, yaps that's it, see you................... 


LEMBAR PENGESAHAN

Nama Kegiatan          : IUD (Interpersonal Understanding of Midwifery
Waktu Pelaksanaan    : 30 – 31 Januari 2015
Penyelenggara            : HIMA Prodi D3 KebidananUMSurabaya

PANITIA PELAKSANA
Ketua HIMA D3 Kebidanan
Universitas Muhammadiyah Surabaya,



Siti Suayah
NIM. 2013.0661.047
Ketua Pelaksana,




Desy Widyaningrum
NIM. 2013.0661.041

Mengetahui,
Ketua Program Studi D3 Kebidanan
Universitas Muhammadiyah Surabaya,


Aryunani. S.ST,.M.Kes
NIDN.0717027903
Kaur. Kemahasiswaan D3 Kebidanan
Universitas Muhammadiyah Surabaya,


SyuhrotutTaufiqoh. S.ST.
NIK.0121122226

Menyetujui,
Wakil dekan 1
Fakultas Ilmu Kesehatan,


Mundakir, S.kep, Ns, M. Kes
NIK.

I.                   Latar Belakang
Program studi kebidanan di Universitas Muhammadiyah Surabaya berdiri pada tahun 2006 berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 006/D/T/2006 dan pada saat ini telah memiliki lima generasi.
IUD (Interpersonal Understanding Midwifery), merupakan sebuah kegiatan perkenalan antar mahasiswa kebidanan yang mengikutsertakan seluruh mahasiswa kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya yang diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kerja sama antar tingkat mahasiswa kebidanan dan dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya. Kegiatan ini adalah kegiatan periode lima yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Mengingat suksesnya acara IUD perdana tahun 2010, maka perlunya acara IUD ini digunakan sebagai acara tahunan di prodi D3 Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Sebagai bahan pertimbangan, maka diajukan proposal ini.
II.                Ketercapaian Tujuan Kegiatan
·         Antara mahsiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain hubungannya begitu erat baik senior maupun junior
·         Tapi silaturahmi antar mahasiswa D3 kebidanan berjalan baik dan dapat menyelesaikan masalah yang dialami dengan sharing
·         Kelompok yang dinamakan “Kakak Asuh” telah dibuat sebagai sarana komunikasi antara junior dan senior, serta tempat berbagi pengalaman kuliah, mengenal karakter orang lain, serta mampu menyelesaikan masalah yang dialami.
III.             Nama dan Tema Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “Interpersonal Understanding Midwifery
IV.             Tema Kegiatan
Tema : “Solidarity Of Active Partner”
V.                Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang akan dilakukan dalam acara ini adalah silaturahmi antar mahasiswa dan Dosen D3 Kebidanan.
VI.             Sasaran Kegiatan
Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa prodi D3 Kebidanan FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya.
VII.          Tempat dan Waktu Kegiatan
Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:
Hari                             : Jumat-Sabtu
Tanggal                       : 30 – 31 Januari   2015
Tempat                        : Pacet Mini Park
VIII.       Evaluasi Jadwal Kegiatan
Evaluasi jadwal kegiatan sebagaimana terlampir.
IX.             Evaluasi Kinerja Panitia Pelaksana
Evaluasi kinerja panitia pelaksana sebagaimana terlampir.
X.                Laporan Keuangan Kegiatan
Laporan keuangan kegiatan sebagaimana terlampir.
XI.             Penutup
Demikian laporan penangungjawaban ini kami susun sebagai kerangka acuan kegiatan yang akan kami laksanakan, dengan harapan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai maksud dan tujuan yang ingin dicapai.









Lampiran I
Evaluasi Jadwal Kegiatan

Lampiran II
Evaluasi Kinerja Panitia Pelaksana
a.      Ketua Panitia
·         Desy Widyaningrum

b.      Wakil Ketua Panitia
·          Nurinda Arlin

c.       Sekretaris
·         Koordinator : Putri Nimas Rifatul Wachidah

d.      Bendahara
·         Kordinator : Fitria Nurul Aida
·         Program kerja
1.    Pencatatan yang jelas
2.    Meminimalispengeluaranseluruhdivisi
3.    Mengoptimalkan keluarmasuknyadana
·         Realisasi program kerja
A.    Diklat Ruang
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.         Pencatatandanatiapdivisi
2.         Pencatatandanakeluardanmasuk
3.         MencariDonatur
B.     Diklat Alam
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.         Pencatatandanatiapdivisi
2.         Pencatatandanakluardanmasuk
3.         MencariDonatur
·         Program yang tidak terealisasi
Adapun program yang tidak terealisasi pada saat kegiatan ini adalah :
1.        Pencatatandanakeluardanmasuk
2.        Kurang optimal dalampencariandonatur
·         Hambatan
Berdasarkan pada pernyataan diatas, permasalahan dan kendala yang dihadapi bendahara ini antara lain :
1.    Kurangnyakoordinasidenganpanitia yang lain.
2.    Kurangnyapengalamandalampembuatankegiatan.
3.    Kurangnya koordinasi dengan peserta mengenai pembayaran kegiatan IUD. Hinggan kegiatan IUD selesai masih ada peserta yang belum melunasi pembayaran IUD, yaitu: 1 peserta dari tingkat 1, 3 peserta dari tingkat 2, dan 16 peserta dari tingkat 3.
·         Saran
Berdasarkan permasalahan dan kendala diatas, berikut beberapa saran agar permasalahan dan kendala yang terjadi sebagaimana disebut diatas tidakterulang lagi  :
1.    Lebih di optimalkankoordinasinyadenganpanitia yang lain.
2.    Meningkatkan team building disaatmembuatkegiatan agar dapatmembangunkerjasama yang solid untukmensukseskankegiatantersebut.
3.    Meningkatkan komunikasi dengan peserta IUD untuk segera melunasi pembayaran IUD.

e.       Sie. Acara
·         Koordinator : Yayuk Ismawati
·         Job description :
1.      Membuat konsep acara
2.      Membuat jadwal acara
3.      Membuat pembagian tugas panitia di lapangan
4.      Mensurvei tempat
5.      Mengatur kerjasama dengan pihak EO
6.      Menyiapkan pembicara, MC
7.      Megontrol persiapan para koordinator tiap devisi
8.      Mempresentasikan konsep acara
·         Pelaksanaan :
1.      Membuat konsep acara peserta dan panitia
2.      Mensurvei tempat-tempat yang bisa dipakai
3.      Mengontrol perkembangan persiapan para devisi
4.      Memantau semua kesiapan tempat sesuai jadwal
5.      Memastikan kesiapan jadwal kelanjutan.
·         Kendala :
1.        Acara tidak sesuai dengan waktu yang telah di jadwalkan, jadwal mundur dari awal pemberangkatan, hal ini karena peserta tidak datang tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan dan juga jam pembukaan awal di kampus juga mundur sehingga acara demi acara yang disusun sedemikian rupa mundur. Sehingga ketika berada di tempat tujuan ada acara pada hari pertama yaitu tanggal 30-01-2015 dengan kegiatan fun game kompetisi terpaksa di hilangkan pada hari tersebut, agar bisa dilaksanakan sholat asar berjama’ah. Kemudian kami membuat konsep yel-yel dan inagurasi berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu penampilan yel-yel dan inagurasi dengan api unggun yang dilaksanakan secara out door, tetapi hujan menjadi kendala. Selain itu, jama’ah sholat maghrib tidak dilaksanakan karena hujan menjadi kendala. Dan karena peserta tidak konsisten dengan waktu sesuai dengan jadwal yang sebelumnya sudah diinformasikan oleh panitia ketika senam pagi pada hari kedua sehingga terjadi kemunduran pada acara selanjutnya sampai pada waktu pulang
2.      Terjadi miss communication antar panitia karena di antara kami ada yang belum mengetahui job disc masing-masing. Sehingga tugas antar sie terjadi tumpang tindih, misal : tugas dari sie konsumsi di ambil alih oleh sie acara
3.      Kurangnya kerjasama antar panitia, karena ada sebagian panitia yang sibuk dengan kelompok PA masing-masing.

·         Solusi :
1.      Untuk masalah kegiatan fun game kompetisi yang dihilangkan pada hari pertama solusinya adalah diganti pada hari kedua sebelum dilakukan kegiatan out bound.
2.      Untuk masalah api unggun tetap dilaksanakan ketika acara ye-yel dan inagurasi selesai dan kebetulan hujan sudah reda.
3.      Untuk masalah miss communication dan Kurangnya kerjasama antar panitia di adakan evaluasi setelah motivasi, potensi percaya diri, sehingga pada hari kedua kami bisa lebih baik dalam  menjalankan tugas masing-masing dari tiap sie .

f.       Sie. Pubdekdok
·         Kordinator : Raudlah Suci Amaliah
·         Program kerja
1.      Mengoptimalkan dokumentasi kegiatan
2.      Meminimalis pengeluaran divisi pubdekdok
·         Realisasi program kerja
A.    Diklat Ruang
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Pengadaan banner
2.      Pengadaan Sertifikat
3.      Pengadaan Piagam
4.      Pengadaan ID Card
5.      Pengadaan Jilbab Panitia Seragam
6.      Dokumentasi kegiatan
B.     Diklat Alam
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Dokumentasi kegiatan
·         Program yang tidak terealisasi
Adapun Program yang tidak terealisasi pada saat kegiatan ini adalah :
1.      Pendokumentasian kegiatan kurang optimal
2.      Kaos Panitia
·         Laporan keuangan
No
Tanggal
Ket.
Vol
Satuan
Sub
Total
1
29 Januari
2015
Bendahara




2
29 Januari
2015
Piagam
8
Lembar
5000
40.000
TOTAL
40.000

NB:          1. Tahun pada tanggal 2015
2. mata uang Rupiah (Rp)
·         Hambatan
Berdasarkan pada pernyataan diatas, permasalahan dan kendala yang dihadapi divisi Pubdekdok ini antara lain :
1.      Kurangnya kerjasama antar anggota dan koordinator.
·         Saran
Berdasarkan permasalahan dan kendala diatas, berikut beberapa saran agar permasalahan dan kendala yang terjadi sebagaimana disebut diatas tidak terulang di divisi pelengkapan selanjutnya :
1.     Lebih di optimalkan kerjasamanya kepada anggota dan koordinator.
2.     Meningkatkan team building disaat membuat kegiatan agar dapat membangun kerjasama yang solid untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
3.     Penyesuaian kebutuhan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

g.      Sie. Konsumsi
·         Kordinator : Ernawati
·         Program kerja
1.      Penyediaan makanan dan Minuman
2.      Meminimalis pengeluaran divisi konsumsi

·         Realisasi program kerja
A.    Diklat ruang
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Penyediaan konsumsi diklat ruang

B.     Diklat Alam
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Penyediaan konsumsi panitia
2.      Pengadaan perlengkapan masak
·         Program yang tidak terealisasi
Adapun Program yang tidak terealisasi pada saat kegiatan ini adalah :
·        Laporan keuangan
Tanggal
Keterangan
Nominal
29 januari 2015
Nasi bungkus /bungkus  200 @ 5000
Rp 1.000.000
Total
Rp 1.000.000

·         Hambatan
Berdasarkan pada pernyataan diatas, permasalahan dan kendala yang dihadapi divisi humas ini antara lain :
1.      Kurangnya kerjasama antar anggota dan koordinator.
2.      Kurangnya kerjasama divisi lain dengan divisi konsumsi untuk menyiapkan keperluan divisi tersebut terutama perlengkapan.
·         Saran
Berdasarkan permasalahan dan kendala diatas, berikut beberapa saran agar permasalahan dan kendala yang terjadi sebagaimana disebut diatas tidak terulang di divisi pelengkapan selanjutnya :
1.      Lebih di optimalkan kerjasamanya kepada anggota dan koordinator.
2.      Meningkatkan team building disaat membuat kegiatan agar dapat membangun kerjasama yang solid untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
3.      Penyesuaian kebutuhan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

h.      Sie Keamanan & Transportasi
·         Kordinator : Rahima Tasya
·         Program kerja
1.      Penanggung jawab keamanan parkir kendaraan peserta
2.      Penanggyng jawab absensi peserta bus pada saat berangkat  dan pulang.
3.      Sebagai penanggung jawab keamanan semua kegiatan pada IUD
·         Realisasi program kerja
A.    Diklat Ruang
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.        Penanggung jawab keadaan pada saat TM
B.     Diklat Alam
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Mengkondisikan sebaik mungkin di bagian Transportasi
2.      Mengkondisikan sebaik mungkin aktivitas peserta pada saat IUD
·         Program yang tidak terealisasi
Adapun Program yang tidak terealisasi pada saat kegiatan ini adalah :
1.      Kegiatan masih banyak yang belum tepat waktu karena peserta yang kurang mendukung jalannya acara
2.      Koordinasi dari semua pantia yang kurang. sehingga keamanan kurang optimal
·         Laporan keuangan
Tanggal
Keterangan
Nominal
30 Januari 2015
Sarapan + Rokok satpam
Rp    66.000

Tips Satpam
Rp    75.000
Jumlah
Rp  141.000

·         Hambatan
Berdasarkan pada pernyataan diatas, permasalahan dan kendala yang dihadapi divisi Keamanan dan transportasi ini antara lain :
1.     Kurangnya kerjasama antar anggota dan koordinator.
2.     Kurangnya kesadaran peserta untuk membantu panita dalam menjalannkan acara ini
3.     Kurangnya kerjasama antar devisi lainnya
4.     pemaksimalan waktu yang kurang baik karena mengganggu jalannya acara sehingga membingungkan devisi keamanan dan transportasi
·         Saran
Berdasarkan permasalahan dan kendala diatas, berikut beberapa saran agar permasalahan dan kendala yang terjadi sebagaimana disebut diatas tidak terulang di divisi pelengkapan selanjutnya :
1.         Lebih di optimalkan kerjasamanya kepada anggota dan koordinator.
2.         Meningkatkan team building disaat membuat kegiatan agar dapat membangun kerjasama yang solid untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
3.         Penyesuaian kebutuhan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.
4.        Sejak TM seharusnya dapat memberi penjelasan kepada peserta untuk dapat ikut dalam membantu panitia agar acara berjalan dengan maksimal.
i.        Sie. Kesehatan
·         Koordinator : Umi Hidayah

j.        Sie. Humas
·         Kordinator : Nur Linda Yuliantin
·         Program kerja
1.    Pengoptimalan kerja humas
2.    Meminimalis pengeluaran humas
·         Realisasi program kerja
A.           Diklat Ruang
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Penyediaan Ruang Materi
2.      Pengumpulan seluruh calon anggota
3.      Pengumpulan Panitia
4.      Pengantaran Surat-surat
B.            Diklat Alam
Adapun program yang dilakukan pada kegiatan ini adalah :
1.      Survey
2.      Penyediaan Camp Ground
3.      Pengadaan Transportasi Peserta
4.      Pengantaran Surat-surat
5.      Pengumpulan Seluruh Calon Anggota
6.      Pengumpulan Panitia
7.      Pengantaran Surat-surat
·         Program yang tidak terealisasi
Adapun Program yang tidak terealisasi pada saat kegiatan ini adalah :
1.      Pengantaran Surat-surat
2.      Pengumpulan seluruh calon anggota
3.      Pengumpulan panitia
·         Hambatan
Berdasarkan pada pernyataan diatas, permasalahan dan kendala yang dihadapi divisi humas ini antara lain :
1.      Kurangnya anggota didalam divisi humas.
Belum adanya surat yg akan di kirim di karenakan kurangnya koordinasi antara sekretaris dengan ketupel sehingga surat belum ada tanda tangan ketupel.
2.      Kurangnya kerjasama divisi lain dengan divisi humas untuk menyiapkan keperluan divisi tersebut terutama sekretaris.
·         Saran
Berdasarkan permasalahan dan kendala diatas, berikut beberapa saran agar permasalahan dan kendala yang terjadi sebagaimana disebut diatas tidak terulang di divisi pelengkapan selanjutnya :
1.      Penambahan anggota sesuai kebutuhan pada divisi humas.
2.      Meningkatkan team building disaat membuat kegiatan agar dapat membangun kerjasama yang solid untuk mensukseskan kegiatan tersebut.
3.      Penyesuaian kebutuhan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

k.      Sie. Perlengkapan
·         Koordinator : Anggun Nurmah Fitria Anggraini


Lampiran III

Laporan Keuangan Kegiatan
Pemasukan
Tanggal
Keterangan
Nominal
26-01-2015
Fakultas
Rp      500.000
27-01-2015
Hima
Rp   1.300.000
27-01-2015
BEM Fakultas
Rp      200.000
28-01-2015
Registrasi Mahasiswa
Rp 54.600.000
29-01-2015
Tambahan Hima
Rp   1.000.000
29-01-2015
Kemahasiswaan
Rp      500.000
30-01-2015
Cak Har
Rp      150.000
30-01-2015
BEM Universitas
Rp      250.000
Jumlah
Rp 58.500.000

Pengeluaran
Tanggal
Keterangan
Nominal
27-01-2015
Transport Survey Lokasi
Rp        80.000
Kwitansi, lem dan ballpoint
Rp        15.500
Print, jilid & fotocopy proposal + surat
Rp      182.500

Peminjaman Gedung lantai 6
Rp      150.000
29-01-2015
Fotocopy proposal + surat
Rp        37.500

Beli perlengkapan dan hadih lomba
Rp      243.500

Kerudung panitia 45 potong @ 8000
Rp      368.000

Kerudung hadiah lomba 2 potong @ 20.000
Rp        40.000

4 dus club gelas 250 ml @ 17.000
Rp        68.000

Pelunasan EO
Rp 54.600.000
30-01-2015
Tip Satpam kampus
Rp        75.000

Sarapan + Rokok satpam
Rp        66.000

Makan pagi peserta @ 5000 x 200
Rp   1.000.000

Kresek hitam
Rp        15.000

Map kertas @ 500 x 10 lbr
Rp          5.000

Print piagam @ 5000 x 8
Rp        40.000

Perlengkapan
Rp        62.500
31-01-2015
Konsumsi BEM
Rp        14.000
15-03-2015
Print Sertifikat
Peserta & Panitia
Rp      267.800
Jumlah
Rp 57.330.500




0 comments:

Post a Comment